Beranda » Artikel Readymix » Jenis dan Fungsi Concrete Pump Untuk Pengecoran

Jenis dan Fungsi Concrete Pump Untuk Pengecoran

Diposting pada 18 Juli 2020 oleh admin | Dilihat: 694 kali | Kategori:

Pompa beton sangat penting untuk  pembangunan gedung-gedung bertingkat atau kontruksi bangunan yang sulit untuk dijangkau. Ada banyak keuntungan bila menggunakan pompa beton. Berikut ulasan Jenis dan Fungsi Concrete Pump Untuk Pengecoran.

Alasan-alasan berikut yang mengharuskan Anda menggunakan Concrete Pump atau pompa beton pada setiap pengecoran ;

Kelebihan Memakai Pompa Beton

Yang pertama, Hemat waktu

Efisiensi waktu menjadi kelebihan lain yang kami tawarkan dari Concrete Pump. Pengerjaan secara manual membutuhkan waktu berkisar 4 jam untuk 7 kubik bejarak 10 – 15 meter dengan tenaga 15 sampai 20 orang. Sementara Concrete Pump mampu mendistribusikan 7 kubik dengan waktu 15 menit saja serta tenaga yang lebih minim yakni 5 orang.

Yang kedua, Kualitas beton yang lebih terjaga

Kelebihan lainnya adalah kualitas beton yang lebih terjaga. Penggunaan ready mix memiliki toleransi waktu berkisar 5 jam sebelum akhirnya membeku atau mengeras. Hal ini tentu dapat kita minimalisir dengan penggunaan Concrete Pump jika kita bandingkan pengerjaan secara manual.

Yang ketiga, Lebih rapi

Pengecoran secara manual biasanya kurang rapi hingga menyisakan ceceran beton yang tumpah dari wadahnya. Berbeda dengan Concrete Pump yang pengerjaannya menjadi lebih rapi karena menggunakan boom atau belalai.

 

baca : harga bondek per meter

 

Jenis-Jenis Concrete Pump di Indonesia

Jenis pompa beton yang umum di Indonesia antara lain pompa beton standar, pompa beton mini, pompa beton kodok dan pompa beton long boom. Berikut ulasanya ;

Pertama, Pompa Standar

Pompa berukuran standar ini memiliki spesifikasi antara lain memiliki panjang boom kurang lebih 18 meter. Fungsi concrete pump standard ini biasanya untuk kebutuhan pengecoran dengan ketinggian rumah dua lantai sampai empat lantai.

Umumnya pompa ini untuk jenis bangunan yang rendah seperti halnya mall, ruko, rumah tinggal dan lain sebagainya. Concrete Pump Standar cocok untuk bangunan di bawah 20 meter dengan pemakaian betonnya di bawah 60 meter. Adapun tingkat concrete pressure berada di antara 4 mpa sampai dengan 7 mpa.

Kedua, Pompa Beton Mini

Pompa ini sama seperti mesin pompa beton lainnya, adalah concrete pump dengan keunggulan yang menonjol yaitu dengan ukurannya yang kecil. Secara umum, pompa mini untuk konstruksi kecil, seperti konstruksi pedesaan dan perkotaan dengan jalan yang sempit. Selain itu, saat ini, banyak orang lebih menyukai jenis pompa beton mini karena lebih nyaman, mudah kita rakit dan kita bongkar.

 

Baca : Harga Sewa Concrete Pump

 

Concrete Pump yang berasal dari Jepang ini dan memang untuk jenis bangunan yang jalannya sempit dengan portal yang hanya pas dengan mobil cold desel. Concrete Pump jenis ini cocok untuk hunian dengan 1 sampai dengan 2 lantai namun terletak di area sempit.

Ketiga, Pompa Kodok

Dalam beberapa proyek pengecoran ada salah satu jenis pompa yang sering kami gunakan yaitu jenis pompa kodok yang sangat membantu kelancaran proyek pengecoran.

Nama dari pada jenis pompa tersebut memang sedikit unik karena bentuknya kecil walaupun tidak mirip dengan kodok. Atau juga sering dengan sebutan dengan pompa “fortable” atau portable. Portable artinya adalah sesuatu yang dapat terbawa dengan mudah. Pompa ini sangat simple dalam penggunaannya, dan dapat masuk ke lokasi atau jalan yang hanya cukup satu kendaraan saja.

Keempat, Pompa Long Boom

Pompa ini untuk sebagian besar proyek kontruksi yang lebih besar karena mereka mampu memompa pada volume yang sangat tinggi dan karena sifat penghematan tenaga kerja dari booming.

Concrete Pump ini biasanya untuk bangunan-bangunan tinggi seperti perkantoran, ruko dengan lantai 5 sampai 7 serta bangunan di atas 20 meter. Pada bangunan tersebut, Concrete Pump ini memiliki concrete pressure antara 8 pa sampai dengan 40 mpa. concrete pump long boom.

Sekian dan terimakasih sudah membaca artikel ini. semoga bermanfaat dan menambah wawasan mengenai Jenis dan Fungsi Concrete Pump Untuk Pengecoran.

 

Baca juga : Harga Beton Readymix Per M3

 

 

Bagikan

Jenis dan Fungsi Concrete Pump Untuk Pengecoran | Pesan Readymix

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Hubungi

pesanreadymix.com hadir untuk memberikan kemudahan bagi anda memesan readymix secara online. Selengkapnya tentang kami

Telp/WA

✔ Rahmat 0813-9516-4235

✔ Muarifin 0813-5168-6176

Chat via Whatsapp
Rahmat
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Rahmat
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja